Hanya Untuk RPL

Introduction and course contract

 

 

 

 

KONTRAK PERKULIAHAN, SILABUS DAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

 

MATAKULIAH

 

Paragraph Writing

 

 

 

 

 

 

Bobot: 2 SKS

 

 

 

 

Dosen :

Widya Juli Astria, S.Pd., M.Pd.

 

 

 

PROGRAM RPL

 

UNIVERSITAS EKASAKTI-UNIVERSITAS JABAL GHAFUR

 

TAHUN AJARAN 2020 / 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Identitas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah: Paragraph Writing

Kode/SKS: 3 SKS

Semester: Semester Ganjil

Dosen: Widya Juli Astria, S.Pd., M.Pd.

 

Deskripsi Singkat Mata Kuliah Writing I

 

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang berkaitan dengan salah satu aspek skill berbahasa Inggris yaitu menulis. Target utama pada mata kuliah ini adalah pembelajaran mengenai menulis kalimat di dalam bahasa Inggris, berupa simple sentence, compound sentence, complex sentence, dan compound-complex sentence. Setelah memahami jenis-jenis kalimat ini, mahasiswa akan diarahkan kepada pemahaman mengenai paragraf, yang memiliki topic sentence, supporting details, and concluding sentence. Pada tahap akhir, mahasiswa diharapkan bisa menulis sebuah paragraf yang memiliki tujuan yang berbeda, baik berupa argumentative, narrative, descriptive, comparison and contrast, dan cause and effect.

 

3. Tujuan Pembelajaran (Kompetensi HardSkills)

 

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

Membedakan dan mengetahui perbedaan simple sentence, compound sentence, complex sentence, dan compound-complex sentence.

Mengetahui elemen dalam sebuah paragraf yang termasuk di dalamnya topic sentence, supporting details, dan concluding sentence.

Memilih dan merumuskan topic secara benar.

Merumuskan topic sentence

Menyusun ide-ide secara sistematis dan komprehensif

Mengembangkan topic menjadi topic sentence yang terstuktur dan terorganisir dengan baik.

Mengembangkan supporting sentences dan supporting details yang memiliki ide yang berkorelasi dengan topic sentence.

Menyelesaikan dan melengkapi paragraf dengan kesimpulan (concluding sentence) dengan memberikan kesimpulan yang relevan.

Memahami, membedakan, dan mampu menulis jenis-jenis paragraf beserta ciri-ciri dan pola pengembangannya.

Melakukan self-editing dan peer-editing.

 

Outcome Pembelajaran (Kompetensi Softskills)

Menghargai pendapat teman/orang lain.

Menumbuhkan kemandirian dalam menyelesaikan tugas.

Memiliki keinginan untuk mencari bahan bacaan dari berbagai sumber.

Memiliki kemauan menghasilkan karangan atau karya sendiri.

Bekerjasama dengan teman/orang lain dalam pengkoreksian karangan.

Berani mengeluarkan pendapat dan pertanyaan dengan sopan.

Bersikap dan bertutur kata dengan baik secara lisan maupun tulisan.

Bekerja keras dan pantang menyerah dalam menemukan bahan/materi kuliah.

Jujur dan tidak mau mencontek dalam mengerjakan tugas dan tes.

Mengembangkan sistem pengarsipan tugas dan dokumen dengan benar dan teliti.

 

Jumlah Jam

 

Kegiatan didalam kelas : (3 SKS x 14 Minggu)

Kuliah dan Diskusi Kelompok: 42 Jam (14 Pertemuan)

Mid-Semester: 1 Jam

Semester: 1 Jam

Total: 44 Jam (16 Pertemuan)

Keterangan: 1 jam artinya 1 satuan SKS. Jika 3 jam berarti 3 SKS.

 

Perencanaan untuk kegiatan kuliah dan diskusi kelompok:

 

A

Memahami mata kuliah Paragraph Writing

3 Jam

B

Pemahaman Simple sentence, Compound sentence

3 Jam

C

Pemahaman Complex Sentence dan Compund-Complex Sentence

3 Jam

D

Pemahaman tentang Organization of Paragraph

 

E

Pemahaman dan Latihan Menulis Topic, Topic Sentenc, Supporting Sentences dan Concluding Sentence

3 Jam

F

Pemahaman tentang Paragraph Characteristics

3 Jam

G

Pemahaman dan Latihan Menulis Paragraf serta Melakukan Self-editing dan Peer-evaluation

3 Jam

H

Pelaksanaan ujian tengah semester

1 Jam

I

Pemahaman tentang Types of Paragraphs

3 Jam

J

Pemahaman dan Latihan Menulis Descriptive Paragraph

 

K

Pemahaman dan Latihan Menulis Narrative Paragraph

3 Jam

L

Pemahaman dan Latihan Menulis Argumentative Paragraph

3 Jam

M

Pemahaman dan Latihan Menulis Comparison and Contrast

3 Jam

N

Pemahaman dan Latihan Menulis Cause and Effect

3 Jam

O

Review

3 Jam

P

Ujian Akhir Semester

1 Jam

Total

44 Jam

 

 

Jadwal Kegiatan Mingguan dalam Perkuliahan

 

Minggu

Pokok Bahasan

Kegiatan di dalam Kelas

Pertemuan 1-8 (Bagian Pertama Semester)

1

Introduction to Writing I

Understanding the course content

Understanding the basic skill and ability in writing

Menerangkan RPKPS, Kontrak Perkuliahan, Syllabus yang berkaitan dengan mata kuliah writing II, dan pemberian pretest untuk mengukur kemampuan awal siswa.

2

Understanding the differences and similarities between sentences (part I)

Simple sentence

Compound sentence

Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas-tugas.

3

Understanding the differences and similarities between sentences (part II)

Complex sentence

Compound-Complex sentence

Ceramah, latihan menulis dan koreksi kesalahan secara individu.

4

Understanding and Practicing Writing Topic and Topic Sentence

Ceramah, latihan menulis dan koreksi kesalahan secara individu.

5

Understanding and Practicing Writing Supporting Sentences

Ceramah, latihan menulis dan koreksi kesalahan secara individu.

6

Understanding and Practicing Writing Concluding Sentence

Ceramah, latihan menulis dan koreksi kesalahan secara individu.

7

Conducting Self-editing and Peer-evaluation in Writing

Ceramah, latihan menulis, koreksi kesalahan secara individu, dan menilai kemampuan diri sendiri dari hasil tulisan yang dibuat.

8

Mid-semester examination

Ujian Menulis

 

Pertemuan 11-17 (Bagian ke dua semester)

9

Understanding and Writing Argumentative Paragraph

diskusi kelas dan latihan menulis

10

Understanding and Writing Narrative Paragraph

diskusi kelas dan latihan menulis

11

Understanding and Writing Descriptive Paragraph

diskusi kelas dan latihan menulis

12

Understanding and Writing Comparison and Contrast Paragraph

diskusi kelas dan latihan menulis

13

Understanding and Writing Cause-Effect Paragraph

diskusi kelas dan latihan menulis

14

Reviewing the material, Independent Writing and Preparing for Final Project and Final Examination

Materi yang telah diajarkan diulang kembali secara umum dan kemudian mempersiapkan mahasiswa untuk melaksanakan tugas akhir semester

15

Review

 

16

Final Examination

 

Pemberian Tugas

Tugas Individu

Mahasiswa diberikan tugas mingguan berupa membuat esai sesuai dengan instruksi yang diberikan

Mahasiswa diminta untuk mengumpulkan sebuah paragraf yang dikumpulkan secara bertahap sesuai dengan prosedur penulisan paragaraf yang benar agar mampu untuk mengkoreksi dan

 

Penilaian

Penilaian diperoleh dari persentasi kehadiran dan partisipasi siswa di dalam kelas, pemberian tugas-tugas, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Ujian tengah semester berupa tugas untuk menuliskan sebuah paragraf dengan memilih salah satu topic dari beberapa topic yang disediakan.

 

Penilaian akan dilakukan sesuai dengan standar konversi nilai yang direncanakan

 

A

81 – 100

B

66 – 80

C

56 – 65

D

41 – 55

E

0 – 40

 

 

Penentuan nilai akan dilakukan dengan system pembobotan sebagai berikut:

 

1

Kehadiran dan Partisipasi

10 %

2

Tugas dan Partisipasi

25 %

3

Mid Test

30 %

4

Final Test

35 %

Total

100 %

 

References

 

Blass, Laurie and Meredith Pike-Baky. Mosaic I: A Content-Based Writing Book. New York; Random House, 1985.

Boardman, Cynthia A. and Jia Frydenberg. Writing to Communicate: Paragraphs and Essays. 2nd ed. Lebanon; Longman Group, 2003

Leo, Sutanto, dkk. English for Academic Purpose: Essay Writing. Yogyakarta; ANDI, 2007.

Oshima, Alice, and Ann Hogue. 1991. Writing Academic English. New York: Addison Wesley Longman.

Rook, John. Everyday English. Jakarta; Bina Rupa Aksara. 1990.

Wishon, George E and Julia M Burks. Let’s Write English. Revised edition. New York; Litton Educational Publishing. Inc, 1980.

 

Regulations:

Perkuliahan dimulai sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Berpakaian sopan dan rapi, bagi yang tidak berpakaian sopan dan rapi dikenakan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Mahasiswa diizinkan terlambat 15 menit setelah perkuliahan dimulai, dengan konsekuensi terlambat pada absensi.

Keterlambatan lebih dari 15 menit diizinkan belajar, akan tetapi terhitung tidak masuk (alfa) di absensi.

Mahasiswa yang sudah tiga kali terlambat, hitungannya sama dengan 1 kali absen.

 

Disetujui oleh :

 

Dosen Pengampu

 

 

 

(Widya Juli Astria, S.Pd., M.Pd.)

 

 

 

 

Di asuh oleh Bpk. ASRUL KARIM

Di asuh Oleh Bpk FACHRURAZI

Mahasiswa dapat meninjau perkembangan bioteknologi  dari bioteknologi konvensional sampai dengan bioteknologi moderen.