Introduction and course contract
KONTRAK PERKULIAHAN, SILABUS DAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
MATAKULIAH
Paragraph Writing
Bobot: 2 SKS
Dosen :
Widya Juli Astria, S.Pd., M.Pd.
PROGRAM RPL
UNIVERSITAS EKASAKTI-UNIVERSITAS JABAL GHAFUR
TAHUN AJARAN 2020 / 2021
Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah: Paragraph Writing
Kode/SKS: 3 SKS
Semester: Semester Ganjil
Dosen: Widya Juli Astria, S.Pd., M.Pd.
Deskripsi Singkat Mata Kuliah Writing I
Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang berkaitan dengan salah satu aspek skill berbahasa Inggris yaitu menulis. Target utama pada mata kuliah ini adalah pembelajaran mengenai menulis kalimat di dalam bahasa Inggris, berupa simple sentence, compound sentence, complex sentence, dan compound-complex sentence. Setelah memahami jenis-jenis kalimat ini, mahasiswa akan diarahkan kepada pemahaman mengenai paragraf, yang memiliki topic sentence, supporting details, and concluding sentence. Pada tahap akhir, mahasiswa diharapkan bisa menulis sebuah paragraf yang memiliki tujuan yang berbeda, baik berupa argumentative, narrative, descriptive, comparison and contrast, dan cause and effect.
3. Tujuan Pembelajaran (Kompetensi HardSkills)
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:
Membedakan dan mengetahui perbedaan simple sentence, compound sentence, complex sentence, dan compound-complex sentence.
Mengetahui elemen dalam sebuah paragraf yang termasuk di dalamnya topic sentence, supporting details, dan concluding sentence.
Memilih dan merumuskan topic secara benar.
Merumuskan topic sentence
Menyusun ide-ide secara sistematis dan komprehensif
Mengembangkan topic menjadi topic sentence yang terstuktur dan terorganisir dengan baik.
Mengembangkan supporting sentences dan supporting details yang memiliki ide yang berkorelasi dengan topic sentence.
Menyelesaikan dan melengkapi paragraf dengan kesimpulan (concluding sentence) dengan memberikan kesimpulan yang relevan.
Memahami, membedakan, dan mampu menulis jenis-jenis paragraf beserta ciri-ciri dan pola pengembangannya.
Melakukan self-editing dan peer-editing.
Outcome Pembelajaran (Kompetensi Softskills)
Menghargai pendapat teman/orang lain.
Menumbuhkan kemandirian dalam menyelesaikan tugas.
Memiliki keinginan untuk mencari bahan bacaan dari berbagai sumber.
Memiliki kemauan menghasilkan karangan atau karya sendiri.
Bekerjasama dengan teman/orang lain dalam pengkoreksian karangan.
Berani mengeluarkan pendapat dan pertanyaan dengan sopan.
Bersikap dan bertutur kata dengan baik secara lisan maupun tulisan.
Bekerja keras dan pantang menyerah dalam menemukan bahan/materi kuliah.
Jujur dan tidak mau mencontek dalam mengerjakan tugas dan tes.
Mengembangkan sistem pengarsipan tugas dan dokumen dengan benar dan teliti.
Jumlah Jam
Kegiatan didalam kelas : (3 SKS x 14 Minggu)
Kuliah dan Diskusi Kelompok: 42 Jam (14 Pertemuan)
Mid-Semester: 1 Jam
Semester: 1 Jam
Total: 44 Jam (16 Pertemuan)
Keterangan: 1 jam artinya 1 satuan SKS. Jika 3 jam berarti 3 SKS.
Perencanaan untuk kegiatan kuliah dan diskusi kelompok:
A |
Memahami mata kuliah Paragraph Writing |
3 Jam |
B |
Pemahaman Simple sentence, Compound sentence |
3 Jam |
C |
Pemahaman Complex Sentence dan Compund-Complex Sentence |
3 Jam |
D |
Pemahaman tentang Organization of Paragraph |
|
E |
Pemahaman dan Latihan Menulis Topic, Topic Sentenc, Supporting Sentences dan Concluding Sentence |
3 Jam |
F |
Pemahaman tentang Paragraph Characteristics |
3 Jam |
G |
Pemahaman dan Latihan Menulis Paragraf serta Melakukan Self-editing dan Peer-evaluation |
3 Jam |
H |
Pelaksanaan ujian tengah semester |
1 Jam |
I |
Pemahaman tentang Types of Paragraphs |
3 Jam |
J |
Pemahaman dan Latihan Menulis Descriptive Paragraph |
|
K |
Pemahaman dan Latihan Menulis Narrative Paragraph |
3 Jam |
L |
Pemahaman dan Latihan Menulis Argumentative Paragraph |
3 Jam |
M |
Pemahaman dan Latihan Menulis Comparison and Contrast |
3 Jam |
N |
Pemahaman dan Latihan Menulis Cause and Effect |
3 Jam |
O |
Review |
3 Jam |
P |
Ujian Akhir Semester |
1 Jam |
Total |
44 Jam |
Jadwal Kegiatan Mingguan dalam Perkuliahan
Minggu |
Pokok Bahasan |
Kegiatan di dalam Kelas |
Pertemuan 1-8 (Bagian Pertama Semester) | ||
1 |
Introduction to Writing I Understanding the course content Understanding the basic skill and ability in writing |
Menerangkan RPKPS, Kontrak Perkuliahan, Syllabus yang berkaitan dengan mata kuliah writing II, dan pemberian pretest untuk mengukur kemampuan awal siswa. |
2 |
Understanding the differences and similarities between sentences (part I) Simple sentence Compound sentence |
Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas-tugas. |
3 |
Understanding the differences and similarities between sentences (part II) Complex sentence Compound-Complex sentence |
Ceramah, latihan menulis dan koreksi kesalahan secara individu. |
4 |
Understanding and Practicing Writing Topic and Topic Sentence |
Ceramah, latihan menulis dan koreksi kesalahan secara individu. |
5 |
Understanding and Practicing Writing Supporting Sentences |
Ceramah, latihan menulis dan koreksi kesalahan secara individu. |
6 |
Understanding and Practicing Writing Concluding Sentence |
Ceramah, latihan menulis dan koreksi kesalahan secara individu. |
7 |
Conducting Self-editing and Peer-evaluation in Writing |
Ceramah, latihan menulis, koreksi kesalahan secara individu, dan menilai kemampuan diri sendiri dari hasil tulisan yang dibuat. |
8 |
Mid-semester examination |
Ujian Menulis |
Pertemuan 11-17 (Bagian ke dua semester) | ||
9 |
Understanding and Writing Argumentative Paragraph |
diskusi kelas dan latihan menulis |
10 |
Understanding and Writing Narrative Paragraph |
diskusi kelas dan latihan menulis |
11 |
Understanding and Writing Descriptive Paragraph |
diskusi kelas dan latihan menulis |
12 |
Understanding and Writing Comparison and Contrast Paragraph |
diskusi kelas dan latihan menulis |
13 |
Understanding and Writing Cause-Effect Paragraph |
diskusi kelas dan latihan menulis |
14 |
Reviewing the material, Independent Writing and Preparing for Final Project and Final Examination |
Materi yang telah diajarkan diulang kembali secara umum dan kemudian mempersiapkan mahasiswa untuk melaksanakan tugas akhir semester |
15 |
Review |
|
16 |
Final Examination |
Pemberian Tugas
Tugas Individu
Mahasiswa diberikan tugas mingguan berupa membuat esai sesuai dengan instruksi yang diberikan
Mahasiswa diminta untuk mengumpulkan sebuah paragraf yang dikumpulkan secara bertahap sesuai dengan prosedur penulisan paragaraf yang benar agar mampu untuk mengkoreksi dan
Penilaian
Penilaian diperoleh dari persentasi kehadiran dan partisipasi siswa di dalam kelas, pemberian tugas-tugas, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Ujian tengah semester berupa tugas untuk menuliskan sebuah paragraf dengan memilih salah satu topic dari beberapa topic yang disediakan.
Penilaian akan dilakukan sesuai dengan standar konversi nilai yang direncanakan
A |
81 – 100 |
B |
66 – 80 |
C |
56 – 65 |
D |
41 – 55 |
E |
0 – 40 |
Penentuan nilai akan dilakukan dengan system pembobotan sebagai berikut:
1 |
Kehadiran dan Partisipasi |
10 % |
2 |
Tugas dan Partisipasi |
25 % |
3 |
Mid Test |
30 % |
4 |
Final Test |
35 % |
Total |
100 % |
References
Blass, Laurie and Meredith Pike-Baky. Mosaic I: A Content-Based Writing Book. New York; Random House, 1985.
Boardman, Cynthia A. and Jia Frydenberg. Writing to Communicate: Paragraphs and Essays. 2nd ed. Lebanon; Longman Group, 2003
Leo, Sutanto, dkk. English for Academic Purpose: Essay Writing. Yogyakarta; ANDI, 2007.
Oshima, Alice, and Ann Hogue. 1991. Writing Academic English. New York: Addison Wesley Longman.
Rook, John. Everyday English. Jakarta; Bina Rupa Aksara. 1990.
Wishon, George E and Julia M Burks. Let’s Write English. Revised edition. New York; Litton Educational Publishing. Inc, 1980.
Regulations:
Perkuliahan dimulai sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
Berpakaian sopan dan rapi, bagi yang tidak berpakaian sopan dan rapi dikenakan sesuai dengan kesepakatan bersama.
Mahasiswa diizinkan terlambat 15 menit setelah perkuliahan dimulai, dengan konsekuensi terlambat pada absensi.
Keterlambatan lebih dari 15 menit diizinkan belajar, akan tetapi terhitung tidak masuk (alfa) di absensi.
Mahasiswa yang sudah tiga kali terlambat, hitungannya sama dengan 1 kali absen.
Disetujui oleh :
Dosen Pengampu
(Widya Juli Astria, S.Pd., M.Pd.)
- Teacher: Widya Juli Astria
- Teacher: Fauziah S.Pd.I, M.Pd
- Teacher: JAMALIAH THAIB
- Teacher: UMAR MAHDI MH
- Teacher: MARZUKI S.Hi, M.H
- Teacher: Sahnan Sahur Siregar, SH., M.H
- Teacher: Ade Arga Wahyudi, SH., M.H
- Teacher: Yessi Marzona, S.Pd., M.Pd
- Teacher: FARIZAWATI S.Pd., M.Pd
- Teacher: Andi Desmon, SH., M.H.
- Teacher: Dr. Otong Rosadi, SH., M.Hum.
- Teacher: MARZUKI S.Hi, M.H
- Teacher: ANWAR S.Sos
Di asuh oleh Bpk. ASRUL KARIM
- Teacher: ASRUL KARIM
Di asuh Oleh Bpk FACHRURAZI
- Teacher: FACHRURAZI FACHRURAZI
Mahasiswa dapat meninjau perkembangan bioteknologi dari bioteknologi konvensional sampai dengan bioteknologi moderen. |

- Teacher: M. REZEKI MUAMAR